Lompat ke isi utama

Berita

Upacara Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-95

Muaro Jambi – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober tahun 2023 serta tindak lanjut atas surat edaran Bawaslu Republik Indonesia Nomor 47 tahun 2023, Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi gelar upacara bertempat di lapangan Sekretariat Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi.

Upacara dipimpin  oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi Febriardi, S.H... Upacara yang diikuti oleh staf sekretariat Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi .

Febriardi pada amanat pembina upacara, membacakan sambutan menteri pemuda dan olahraga pada peringatan hari sumpah pemuda ke-95 tahun 2023.

Segala puji kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas Rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini 28 Oktober 2023 kita bersama memperingati Hari  Sumpah  Pemuda  ke-95  Tahun  2023.  Kita  ketahui  bersama  bahwa  setiap tanggal 28 Oktober kita selalu merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP). Momentum  tersebut  mengingatkan  bangsa  Indonesia  terhadap  sejarah  gotong royong seluruh elemen pemuda  yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus  menyatukan  visi  kebangsaan  dalam  Sumpah  Pemuda  1928  yang melahirkan  sebuah  komitmen  kebangsaan  yaitu  bertumpah  darah  satu  tanah  air Indonesia,  berbangsa  satu  bangsa  Indonesia,  dan  menjunjung  bahasa  persatuan bahasa Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan  Indonesia”  dengan  logo  HSP  ke-95  yang  bermakna  membentuk  stilasi barisan  manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman  suku,  bahasa,  dan  budaya.  Heterogenitas  tersebut  sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Pemerintahan  Republik  Indonesia  telah  membuka  luas  partisipasi  pemudapemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan   Indonesia  bersama-sama.  Inklusifitas  dalam  ekosistem  kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa  sekarang para pemudapemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan,  pengangguran,  narkoba,  pornografi,  hoax,  ujaran  kebencian  serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan  menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat  membuat  kesenjangan  penguasaan  terhadap  teknologi  dan informasi antar generasi. Demikian halnya dengan tatanan sosio-kultural, politik, dan bahkan bisnis yang dikontestasi. Kita perlu bertanya apakah  artificial intelligence telah digunakan optimal secara masif. Mengimbangi percepatan dan perubahan ini saja sudah cukup membuat kewalahan. Pada intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap Teknologi dan Informasi serta Literasi Digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi.

Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor. Karena kerja kolaboratif ini sesuai dengan amanah Undang-Undang No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres No. 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), maka pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus  canangkan  kebulatan  tekad  semua  stakeholder  baik  Kementerian  dan Lembaga,  Pemerintah  Provinsi,  Pemerintah  Kabupaten  Kota,  Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen – elemen lain.

Saudara – saudara sekalian, terakhir, marilah kita jadikan momentum peringatan Hari  Sumpah  Pemuda  ke-95  ini  sebagai  momentum  membangkitkan  semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.  Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita.

Tag
Berita
Pengumuman