Lompat ke isi utama

Berita

Keterlibatan Seluruh Elemen Masyarakat Sangat Di Perlukan Dalam Pengawasan Pilkada 2020

Muaro Jambi(Bawaslu) – Melaksanakan Kegiatan Evaluasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bersama Ormas/Okp dalam rangka Kilas Balik Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu tahun 2019 serta Menyonsong Pilkada tahun 2020 (04/11). Adapun materi yang di sampaikan dalam kegiatan ini  merupakan materi kilas balik pengawasan dan pelanggaran yang terjadi pada Pemilu 2019.

Acara dibuka oleh ketua Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi M.Yusuf, SE dan dilanjukan dengan penyampaian materi tentang pengawasan dan kendala yang di hadapi dalam Pemilu 2019 seperti DPT ganda dan minimnya sarana dalam penurunan APK serta jadwal Kampanye yang terlalu Panjang dalam Pemilu 2019. Tak luput juga masalah KTP warga diperbatasan antara Muaro Jambi dan Kota Jambi. Ada beberapa KTP warga Kota Jambi yang berdomisi di Kabupaten perbatasan Muaro Jambi dan Kota Jambi tepatnya didaerah antara Kelurahan Olak Kemang, Kota Jambi dan Desa Kedap, Kabupaten Muaro Jambi.

 “Untuk kedepanya kami berharap keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam pengawasan Pilkada 2020,” ujar M.Yusuf dalam penyampaian meteri.

Di Lanjutkan dengan materi yang ke dua oleh Divisi Peninindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi, Yasril, MA.Pol. Dalam penyampainnya, Kordiv HPP memaparkan data-data pelanggaran pemilu yang terjadi pada pada pemilu 2019. Data-data tersebut berupa jenis pelanggaran pertahapan, kategori pelapor dan terlapor, serta rekapan hasil Investigasi selama tahapan Pemilu tahun 2019.

“Tahapan yang paling banyak pelanggaran dalam pemilu 2019 ini adalah Tahapan Kampanye ujar Yasril, MA.Pol”

Setelah penyampaian materi yang kedua maka dilanjukan dengan sesi tanya jawab. Ada beberapa pertanyaan dan saran yang disampaikan dari para undangan yang hadir seperti tentang proses Pencoklitan yang tidak sesuai prosedur dan  saran mengenai petugas pengawas desa  yang seharusnya tidak berasal dari  aparat desa.

Koordinator Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi, Yasril, MA.Pol Juga berharap gagasan-gagasan  terkait pencegahan pelanggaran sangat dibutuhkan dari unsur masayarakat, ORMAS/OKP dalam Pilkada 2020 mengingat pada pemilu 2019 sangat rumit serta  banyaknya  penyelengara pemilu yang tertimpa musibah disaat menjalankan tugasnya..

Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Organisasi Mayarakat, Tokoh Agama dan OKP se Kabupaten Muaro Jambi dan  dilaksanakan di Hotel Grand yang beralamat Jl. Pattimura No.28, Simpang IV Sipin, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi 36124.
 

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah  untuk menyongsong Pilkada 2020 agara lebih baik lagi serta diharapkan agar segala elemen masyarakat ikut serta dalam keterlibatan pengawasan pilkada 2020.
 

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan yang berarti. Acara  ditutup dengan sesi photo bersama dengan pimpinan Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi serta di lanjukan dengan acara jamuan ramah tamah.

Humas : Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi

Tag
Uncategorized