Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Muaro Jambi adakan Rapat Koordinasi bersama Pawaslu Kecamatan

Photo Bersama dengan Panwaslu Kecamatan

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi Elfi Prasatia, S.P., M.H. memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka acara Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu Tahun 2024, disampaikan oleh Elfi Prasatia SIWASLU (Sistem Pengawas Pemilu) merupakan alat kerja yang digunakan oleh pengawas pemilu berbasis Online. Hadirnya aplikasi ini sebagai bentuk memajukan era digitalisasi yang di insturksikan oleh Bawaslu RI, selain itu aplikasi ini juga untuk mempermudah dalam hal percepatan pengawasan pada saat pelaksanaan pemungutan suara, pungut hitung, rekapitulasi surat suara yang dilakukan oleh jajaran pengawas pemilu.

Lebih lanjut Elfi juga, menanyakan progres kerja pengawasan yang telah dilaksanakan di kecamatan masing-masing, anggota Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Muaro Jambi diminta untuk menyampaikan hasil kerja pengawasan tersebut.

Selain itu Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi Febriardi,S.H Juga memberikan arahan terkait Kesekretariatan di Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Muaro Jambi.

Selanjutnya, pada acara sosialisasi ini Panwaslu Kecamatan melakukan uji coba dan praktik secara langsung dalam hal penggunaan aplikasi SIWASLU. Uji coba dikoordinir oleh A.Muhardi selaku Operator SIWASLU dari Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi. Uji coba yang dilakukan adalah dengan mendaftarkan akun PKD (Pengawas Kelurahan Desa) kedalam aplikasi SIWASLU serta guna mengetahui apakah terdapat kendala-kendala dalam hal penggunaan Aplikasi SIWASLU.

Setelah sosialisasi ini nanti agar dapat melakukan inventarisir terhadap kendala-kendala dalam hal penggunaan aplikasi SIWASLU (Sistem Pengawas Pemilu), yang nantinya dari hasil ini nanti Bawaslu Muaro Jambi akan menyampaikan langsung kepada Operator SIWASLU Provinsi secara berjenjang guna mengatasi kendala-kendala yang ditemui dilapangan.