Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi Resmi Membuka Layanan Penerimaan Laporan Online

Muaro Jambi-Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Muaro Jambi ( 29/7). Sejak diberlakukannya tahapan lanjutan Pilkada Serentak  Tahun 2020 pasca penundaan tahapan dalam masa pandemic covid-19, Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi secara resmi kini membuka layanan laporan dugaan pelanggaran via online untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan laporan dugaan pelanggaran Pemilihan.


Menurut Anggota Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi Yasril, MA. Pol penerimaan laporan via online ini berdasarkan ketentuan pada pasal 43 ayat (3) Perbawaslu Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pengawasan, Penanganan Pelanggaran, Dan Penyelesaian Sengketa Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Serta Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).


“Perbawaslu No 4 ini adalah Perbawaslu penyesuaian kondisi di tengah pandemic covid 19, jadi Bawaslu selain menerima laporan secara langsung di kantor juga dapat menerima via online guna memudahkan pelapor. Hal ini sebagai bentuk komitmen kita dalam mendukung pencegahan penyebaran virus covid19” jelas Kordiv HPP dan Penyelesaian Sengketa tersebut. 


Yasril juga menjelaskan tata cara bagi masyarakat yang ingin melapor dugaan pelanggaran dapat mengakses web Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi lalu mengunduh form laporan dan mengisinya, kemudian laporan dikirim ke alamat email bawasluhpp.mj@gmail.com  


“Persyaratan laporan tetap harus dilengkapi baik formil maupun materilnya, pelapor nantinya juga tetap diminta untuk mengantarkan dokumen fisiknya ke kekantor Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi dalam waktu tidak melebihi 7 hari sejak diketahui” tegas Alumni Pascasarjana UIN Jakarta itu.


Dalam hal penerimaan laporan dugaan pelanggaran pemilihan via online ini Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi membuka ruang konsultasi bagi masyarakat yang ingin bertanya mengenai teknis pelaporan tersebut dengan menghubungi call center yang tercantum pada web ataupun medsos Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi.

Tag
Uncategorized